Tentang Ma’had Darussalam

Wisma Darussalam
Jl. Kopen II No. 21 (Jl. Kaliurang km 7,2)
Sinduadi, Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta

Visi

Membina generasi mahasiswa sehingga tidak saja memiliki kompetensi penguasaan IPTEK namun juga menguasai ilmu-ilmu diniyyah untuk diaktualisasikan bagi kemaslahatan umat islam.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan mahasiswa untuk memahami diinul islam sesuai dengan pemahaman para salafus sholih.
  2. Menyelenggarakan pendidikan mahasiswa untuk menguasai dasar-dasar fiqh madzhab syafi’i baik ushul maupun furu’nya.
  3. Mengadakan maktabah Darussalam sebagai representatif untuk studi-studi keislaman khususnya dalam bidang fiqh madzhab syafi’i.
  4. Menjadi sarana penyebaran dakwah secara lisan dan tulisan untuk kemaslahatan yang lebih luas.

Latar Belakang

Lebih dari satu dekade terakhir ini dakwah salafiyyah berkembang dengan pesat. Itu semua karena karunia Allah kemudian karena usaha dakwah yang tidak kenal lelah dari para ustadz dengan dukungan dari jamaah pengajian khususnya generasi mudanya. Diantara salah satu komponen dakwah yang penting adalah para mahasiswa dan generasi mudanya karena mereka pada dasarnya adalah generasi yang energik, memiliki rasa ingin tahu yang besar, terbuka dan berani menerima tantangan. Disamping itu, generasi muda ini kelak akan menjadi tulang punggung dakwah ini, menyebar memasuki lini-lini kehidupan dimanapun.  Oleh karena itu, tentunya hal-hal positif ini harus diarahkan dan dioptimalkan sehingga akan semakin besar manfaatnya bagi kemajuan islam khususnya dakwah salafiyyah ahlus sunnah wal jama’ah.

Diantara usaha yang telah dilakukan oleh para ustadz dan kami lihat selama hampir dua dekade ini adalah mengadakan program-program diniyyah di ma’had-ma’had ‘ilmi yang tersebar di beberapa tempat di kota pelajar Yogyakarta ini. Setiap ma’had memiliki visi dan misi yang berbeda-beda dan berangkat dari perbedaan itulah, ma’had-ma’had ini memiliki program yang berbeda-beda pula. Namun sependek yang kami tahu bahwa dari seluruh ma’had ilmi tersebut belum ada yang fokus kepada ilmu fiqh dan penunjang-penunjangnya padahal ilmu ini adalah salah satu ilmu yang paling penting setelah ilmu aqidah dan tauhid. Berangkat dari itulah, kami sebagai penggagas Ma’had Darussalam, berniat untuk mengadakan program diniyyah yang terfokus kepada ilmu fiqh dengan muatan yang disesuaikan dengan mahasiswa.

Adapun ilmu fiqh yang akan diajarkan di ma’had Darussalam adalah fiqh madzhab syafi’i karena selain madzhab syafi’i adalah madzhab mayoritas kaum muslimin di indonesia, kami juga berpandangan bahwa tadarruj dalam belajar itu merupakan langkah awal untuk menghasilkan para tholibul ilm dan ulama’ yang kokoh dengan ilmunya. Sebuah metode yang telah berhasil menghasilkan ribuan ulama dan telah teruji selama lebih dari 1200 tahun sejak wafatnya Al Imam Abu Abdillah Muhammad Ibn Idris Asy syafi’i Al Muththolibi Al Qurosyi radhiyallahu anhu (w. 204 H).

Dalam rangka menunjang kesuksesan pembelajaran fiqh madzhab syafi’i, ma’had ilmi menyediakan para ustadz yang memiliki takhossus di fiqh syafi’i, menyediakan kelas-kelas dan fasilitasnya untuk proses belajar mengajar, serta melengkapi dengan maktabah darussalam  yang akan menghimpun literatur-literatur fiqh madzhab syafi’i baik berupa kitab-kitab maupun berupa e-book. Diharapkan dengan kehadiran maktabah ini, para santri bisa dengan mudah merujuk langsung kepada kitab-kitab para ulama syafi’iyyah baik yang mutaqoddimin maupun mutaakhkhirin.

Demikianlah, besar harapan kami, agar ma’had ilmi ini kedepannya akan terus berkembang dan memberikan kemanfaatan yang lebih besar lagi untuk islam dan kaum muslimin.. Allahumma amin.

Allahu a’lam bish showab.

Fasilitas Ma’had

  1. Ruang kelas
  2. Maktabah
  3. Komputer

Program Pembelajaran

Kelas dasar (kelas 1) di ma’had ilmi akan mempelajari berapa-berapa ilmu sebagai berikut:

  1. Aqidah (syarh al Aqidah al wasithiyyah lis syaikh Dr. Sholih al fauzan)
  2. Fiqh (Fathul Qarib lil imam ibni qosim al ghazi)
  3. Ushul Fiqh (syarh Al waroqot lisy syaikh Dr. Labib Najib)
  4. Al qowaid Al Fiqhiyyah (Al jawahir lis syaikh Dr. Labib Najib)
  5. Mustholah Al Hadits (syarh mandzumah Al Baiquniyyah lisy syaikh sholih al utsaimin)
  6. Bahasa arab (Syarh al ajurrumiyyah lisy syaikh Kholid al azhari asy syafii)

Disamping 6 pelajaran ini yang akan ditempuh dalam satu tahun, ma’had juga mengadakan dauroh pengantar berisi tentang Al madkhol ila madzhabisy syafi’i (pengantar kepada madzhab syafi’i) dan dauroh-dauroh non reguler dalam berbagai materi diniyyah. Disamping perkuliahan normal di kelas, santri juga dibebani menghafal beberapa matan ilmu seperti matn abi syuja’, matn aqidah wasithiyyah, matn al waroqot dan matn al baiquniyyah. Dimana matan-matan tersebut pada dasarnya adalah matan dari kitab-kitab yang dipelajari.

Struktur Pengurus Ma’had

Dewan Pembina :
Al Ustadz Aris Munandar, M.A.
Al Ustadz Amrullah Akadinta

Dewan Pengawas :
Farid Fadhillah, PhD.

Mudir Ma’had :
Al Ustadz Agus Abu Husain

Dewan Asatidz :
Al Ustadz Aris Munandar, M.A.
Al Ustadz Agus Abu Husain
Al Ustadz Wira Mandiri Bahrun
Al Ustadz Nurhadi (masih dalam konfirmasi)

Tim IT :
Al Farisi
Joko Abun Nada