Bukti Nubuwwah Nabi Muhammad : Makkah Senantiasa Menjadi Negeri Muslim

Bukti Nubuwwah Nabi Muhammad : Makkah Senantiasa Menjadi Negeri Muslim

Nabi pernah memberikan kabar kepada kita bahwa tidak akan ada lagi hijrah meninggalkan kota Makkah setelah terjadi fathul Makkah.

Ulama mengatakan bahwa ada tanda nubuwwah dah mukjizat kanjeng Nabi Muhammad dalam hadits ini, apa itu? Mari kita simak pemaparan Ibnu ‘Allan Asy-Syafi’i berikut ini.

وعن عائشة ,قال قالت النبيّ: لا هجرة) أي: من مكة (بعد الفتح) أي: فتحها، وجاء في حديث للبخاري مرفوعًا «لا هجرة بعد فتح مكة» وكان في رمضان سنة ثمان من الهجرة.

يتضمن الحديث على هذا القول معجزة لرسول الله، وهي أن مكة تبقى دار الإسلام لا يتصوّر منها الهجرة

Hadits Nabi yang artinya “Tidak ada hijrah setelah fathul (Makkah)”, mengandung suatu hal yang sangat luar biasa, apa itu?

Hadits ini adalah mukjizat kanjeng Nabi Muhammad!

Kok bisa?

Karena hadits di atas bisa dimaknai bahwa “Makkah akan senantiasa menjadi negeri islam, sehingga tidak ada lagi hijrah meninggalkan kota Makkah”.

(Terjemah bebas dari Dalilul Falihin syarah riyadhus shalihin, karya Imam Ibnu ‘Allan Asy-Syafi’i Al-Makki)

———

Jika kita lihat realita hari ini, selama 1400 tahun lebih, Makkah tetaplah negeri islam. Meskipun berganti-ganti pemimpin dan model kepemimpinan, namun Makkah tidak pernah sedetikpun pernah dikuasai oleh orang kafir.

Benar-benar menunjukkan nubuwwah dari Nabi Muhammad, bahwa apa yang beliau katakan tentang masa depan, pasti akan terjadi.

Ditulis oleh Dany Permana, santri Ma’had Darussalam Asy-Syafi’i angkatan 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *