3 Alasan Mengapa Fail I’rabnya Rafa’

Ibnu Ya’isy menyebutkan setidaknya ada 3 alasan mengapa fail marfu’

1️⃣ Untuk membedakan antara fail dan maf’ul bih yang jika tidak di’irab rafa’ bisa jadi maf’ul bih disangka fail.

2️⃣ Fail marfu’ karena fail itu kuat, sedangkan maf’ul bih itu manshub karena lemah. Maksud fail itu kuat karena selalu membersamai fiil dan fiil tidak bisa terlepas dari fail. Ini berbeda dengan maf’ul bih yang bisa dihilangkan dari fiil, seperti kalimat ضرب زيد sudah bisa berdiri sendiri tanpa menyebutkan maf’ul bih, berbeda halnya jika fail dihilangkan maka tidak ada yang bisa menggantikannya, seperti jika kalimatnya ضرب زيدا tanpa ada fail.
Karena fail itu lebih kuat dan maf’ul bih itu lebih lemah sedangkan dhommah itu lebih kuat daripada fathah karena dhommah itu dari wawu sedangkan fathah itu dari alif sedangkan wawu lebih kuat daripada alif karena makhraj wawu lebih sempit daripada alif oleh karena itu wawu bisa diberi harakat berbeda dengan alif yang tidak boleh diberi harakat karena makrajnya luas.
Berdasarkan fakta ini, maka yang lebih kuat ( fail ) dipasangkan dengan yang lebih kuat ( dhommah ) dan yang lebih lemah ( maf’ul ) dipasangkan dengan yang lebih lemah ( fathah ).

3️⃣ Fail lebih sedikit daripada maf’ul bih karena fiil hanya bisa memiliki satu fail akan tetapi bisa memiliki maf’ul bih banyak, bahkan bisa ditambah dengan maf’ul yang lain seperti maf’ul mutlak, dharaf zaman, dharaf makan, maf’ul li ajlih, maf’ul ma’ah, haal dan istitsna’. Karena dhommah itu lebih berat daripada fathah, maka fail yang jumlahnya sedikit dipasangkan dengan i’rab rafa’ yang berat dan maf’ul yang bisa banyak jumlahnya dipasangkan dengan i’rab nashab yang ringan.

Disarikan dari Syarah al-Mufasshal I/201-202

Ustadz Agus Abu Husain hafidzahullahu

Barakallahu fiikum
Silahkan dibagikan semoga bermanfaat
_____________________________________________
Mari belajar bersama dan mengambil faedah dengan mengunjungi dan mengikuti
👇🏼👇🏼👇👇
website: darussalam.or.id
facebook: darussalam.or.id
instagram: darussalam.or.id
youtube: mahaddarussalam

Jazakumullahu Khairan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *