Hukum Wanita Haid Masuk Masjid Menurut 5 Madzhab

Empat madzhab fiqih baik Al Hanafiyah, Al Malikiyah, Asy Syafiiyah, dan Al Hanabilah berpendapat bahwa wanita haid tidak boleh berdiam di Masjid. Sehingga wanita haid tidak diperbolehkan duduk di Masjid untuk mendengarkan kajian misalnya atau untuk mengajar Al Qur’an. Empat madzhab sepakat terkait hal ini.

Adapun wanita haid yang sekedar lewat dalam Masjid, misalnya masuk dari satu pintu Masjid menuju pintu yang lain hukumnya boleh dengan catatan wanita haid tidak khawatir mengotori Masjid dengan darah haidnya berdasarkan pendapat madzhab Asy Syafiiyah dan Al Hanabilah.

Sedangkan menurut madzhab Azh Zhahiriyah wanita haid boleh masuk dan berdiam dalam Masjid.

Berikut nukilan dari masing-masing madzhab.

Pendapat Madzhab Al Hanafiyah

Dalam kitab
اللباب في شرح الكتاب
juz 1 halaman 43 yang merupakan kitab madzhab Al Hanafiyah disampaikan :

ولا تدخل) الحائض وكذا النفساء والجنب (المسجد، ولا تطوف بالبيت، ولا يأتيها زوجها) لحرمة ذلك كله

Wanita haid, nifas, dan orang yang junub tidak diperbolehkan masuk Masjid, begitu pula wanita haid tidak boleh thawaf di Ka’bah, dan wanita haid tidak boleh berhubungan seks dengan suaminya, karena semua ini hukumnya haram.

Pendapat Madzhab Al Malikiyah

Kemudian dalam kitab
شرح الخرشي على مختصر خليل
juz 1 halaman 209 yang merupakan kitab madzhab Al Malikiyah disampaikan :

ويمنع الحيض دخولها المسجد لمكث أو مرور ويندرج فيه الاعتكاف والطواف ولذلك قال (فلا: تعتكف ولا تطوف)

Wanita haid tidak boleh masuk dalam Masjid, baik berdiam dalam Masjid ataupun sekedar lewat dalam Masjid sama-sama terlarang untuk wanita haid, begitu juga wanita haid tidak boleh itikaf di Masjid dan tidak boleh thawaf.

Pendapat Madzhab Asy Syafiiyah

Kemudian dalam kitab
الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع
juz 1 halaman 101 yang merupakan kitab madzhab Asy Syafiiyah disampaikan :

(و) الخامس (دخول المسجد) بمكث أو تردد لقوله تعالى : لا تقربوا الصلاة وأنتم سكارى حتى تعلموا ما تقولون ولا جنبا إلا عابري سبيل حتى تغتسلوا

point kelima yang diharamkan atas wanita haid adalah masuk dalam Masjid baik untuk berdiam dalam Masjid atau bolak-balik mondar-mandir dalam Masjid berdasarkan firman Allah Ta’ala : [janganlah kalian shalat sedangkan kalian dalam keadaan mabuk sampai kalian memahami apa yang kalian ucapkan, jangan pula kalian hampiri Masjid sedangkan kalian dalam keadaan junub, kecuali hanya sekedar lewat saja sampai kalian mandi].

ولقوله ﷺ لا أحل المسجد لحائض ولا لجنب رواه أبو داود عن عائشة رضي الله تعالى عنها

Keharaman tersebut juga berdasarkan sabda Rasulullah Muhammad ﷺ : saya tidak menghalalkan wanita haid serta orang junub masuk Masjid. Hadits riwayat Imam Abu Dawud dari bunda Aisyah Radhiyallahu ‘Anha.

وخرج بالمكث والتردد العبور للآية المذكورة إذا لم تخف الحائض تلويثه

Adapun hanya sekedar lewat saja jika tidak dikhawatirkan darah haid mengotori Masjid maka tidak termasuk dalam keharaman berdasarkan ayat Al Quran yang telah disebutkan sebelumnya.

Sebagai tambahan keterangan, dalam madzhab Asy Syafiiyah sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab
قوت الحبيب الغريب
halaman 75 disampaikan :

(و الخامس دخول المسجد للحائض) ولو لمجرد العبور (إن خافت تلويثه) ولو بالشك أو التوهم و إلا فلا حرمة ولكن يكره

Point kelima yang diharamkan atas wanita haid adalah masuk dalam Masjid meskipun hanya sekedar lewat apabila dikhawatirkan darah haid mengotori Masjid walau hanya sekedar keraguan atau dugaan, adapun jika tidak dikhawatirkan darah haid mengotori Masjid maka hukumnya tidak haram namun makruh lewat dalam Masjid.

Pendapat Madzhab Al Hanabilah

Kemudian dalam kitab
نيل المآرب بشرح دليل الطالب
juz 1 halaman 106 yang merupakan kitab madzhab Al Hanabilah disampaikan :

(ويحرم بالحيض) أي بوجوده (أشياء)

Haram hukumnya bagi wanita yang sedang haid beberapa perkara :

(و) منها (اللبث في المسجد) وهو الثامن: لقوله ﷺ:«لا أحل المسجد لحائض ولا لجنب» رواه أبو داود

Diantaranya adalah berdiam diri di Masjid berdasarkan dalil sabda Rasulullah Muhammad ﷺ : saya tidak menghalalkan wanita haid serta orang junub masuk Masjid. Hadits riwayat Imam Abu Dawud.

وكذا تمنع من (المرور فيه) أي المسجد (إن خافت تلويثه.) قال في رواية ابن إبراهيم: تمر ولا تقعد

Demikian pula wanita haid tidak boleh lewat dalam Masjid jika dikhawatirkan darah haid mengalir mengotori Masjid. Dalam satu riwayat Imam Ibn Ibrahim disebutkan wanita haid boleh sekedar lewat saja namun tidak boleh duduk di dalam Masjid.

Pendapat Madzhab Zhahiriyah

Adapun madzhab Zhahiriyah memiliki pandangan yang berbeda dengan empat madzhab diatas. Menurut Zhahiriyah wanita haid boleh masuk dalam Masjid! Di dalam kitab
المحلى بالآثار
juz 1 halaman 400 yang merupakan kitab madzhab Azh Zhahiriyah disampaikan :

وجائز للحائض والنفساء أن يتزوجا وأن يدخلا المسجد وكذلك الجنب، لأنه لم يأت نهي عن شيء من ذلك، وقد قال رسول الله ﷺ «المؤمن لا ينجس» وقد كان أهل الصفة يبيتون في المسجد بحضرة رسول الله ﷺ وهم جماعة كثيرة ولا شك في أن فيهم من يحتلم، فما نهوا قط عن ذلك

Wanita haid serta nifas boleh menikah, begitu juga wanita haid dan nifas boleh masuk dalam Masjid, demikian juga boleh orang junub masuk Masjid, karena tidak ada larangan sedikitpun terkait hal ini, Rasulullah Muhammad ﷺ telah bersabda bahwa orang beriman tidak najis, dalil lainnya dahulu ahlus shuffah menginap di Masjid Nabawi atas sepengetahuan Rasulullah Muhammad ﷺ dimana ahlus shuffah ini terdiri dari banyak orang! Dan tentu tidak diragukan lagi bahwa diantara mereka ada yang mimpi basah dan junub, namun mereka tidak dilarang untuk menginap di Masjid Nabawi.

Demikian pembahasan ringkas terkait hal ini. Semoga bermanfaat.

و الله تعالى أعلم بالصواب

Yurifa Iqbal (santri Ma’had Darussalam Asy Syafi’i angkatan 3)
Murajaah : ustadz Agus Abu Husain

📩 Silakan disebarkan dan follow media kami untuk mendapat update terkait Mahad Darussalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *